Your Ad Here

Tuesday, March 29, 2011

Putus Cinta Sebabkan Sakit Fisik

WASHINGTON - Peneliti menemukan pengalaman putus cinta bisa memicu reaksi dari area otak yang terkait dengan rasa sakit fisik. Artinya putus cinta bukan saja menyakitkan secara emosional tapi juga secara fisik.


Cukup masuk akal jika seseorang merasa ada sesuatu yang benar-benar patah ketika patah hati. Edward Smith, peneliti dari Columbia University menyebutkan, pada masa evolusi manusia, penolakan dari sebuah grup bisa menyebabkan seseorang merasa rapuh.


“Mungkin itu sebabnya muncul hubungan antara penolakan dan rasa sakit, sehingga kita bisa menghindari penolakan,” ungkap Smith seperti dilansir Yahoo News, Selasa (29/3/2011).

Smith dan para koleganya menyebar flyer di Manhattan, memasang iklan online di Facebook dan Craiglist untuk mencari partisipan yang pernah mengalami putus cinta dalam kurun enam bulan terakhir. Mereka akhirnya menemukan 40 orang yang bersedia menjalani penelitian.

Seluruh partisipan kemudian menjalani pemindaian otak menggunakan functional resonance imaging (fMRI), di mana mereka bergantian melihat foto teman dan mantan kekasih. Ketika melihat foto itu, partisipan diminta mengingat pengalaman-pengalaman yang pernah mereka alami bersama orang-orang dalam foto itu.

Untuk membandingkan respon partisipan terhadap rasa sakit fisik, peneliti meletakkan alat yang bisa menghantarkan panas pada lengan mereka. Peneliti menemukan, bagian otak yang terhubung dengan rasa sakit fisik juga bereaksi ketika partisipan mengingat pengalaman putus cinta yang buruk.

“Penolakan memang menyakitkan, dalam arti sebenarnya,” cetus Smith menanggapi hasil studi tersebut.

Kini tim peneliti tengah mencari teknik-teknik yang bisa digunakan untuk mengurangi penderitaan emosional, termasuk metode yang telah digunakan oleh terapis. “Misalnya, nasihat agar kita mengingat pengalaman dengan mantan kekasih sebagai pihak ketiga yang melihat semuanya dari jauh,” lanjut Smith.

Lebih lanjut, Smith mengimbau untuk tidak mengkonsumsi aspirin ketika rasa sakit akibat putus cinta itu ‘menyerang’. “Satu jam kemudian anda bisa jadi akan kembali memikirkan orang itu lagi,” tuntasnya.


Sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/03/29/56/440035/studi-putus-cinta-sebabkan-sakit-fisik
Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment