Your Ad Here

Thursday, March 24, 2011

Beralih ke Ebook

Ebook atau buku elektronik adalah sebuah buku yang bersifat elektronik dan dapat dibuka atau di baca melalui beberapa media seperti komputer, ipad, smartphone, dan lain lain.
Mengapa harus Ebook?
ada beberapa alasan untuk menggunakan ebook, terutama karena ebook memiliki banyak kelebihan dibanding buku yang terbuat dari kertas.
Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki ebook:

  • Ramah Lingkungan, jika kita menggunakan ebook maka secara tidak langsung akan mengurangi penggunaan kertas yang berarti penurunan produksi kertas. Dengan berkurangnya produksi kertas maka akan banyak pohon yang terselamatkan, karena bahan terbaik untuk membuat kertas adalah serat kayu.
  • Praktis, Ebook tidak membutuhkan banyak tempat karena ebook bersifat elektronik. Kita hanya perlu menyimpannya di media penyimpanan data saja. Dan karena itu Ebook juga mudah untuk di bawa dan mudah untuk di distribusikan.
  • Tahan lama,  Tidak seperti buku yang mudah rusak,ebook tidak akan mengalami kerusakan fisik karena sejatinya ebook bersifat elektronik dan ebook juga bisa diperbanyak dengan mudah.
Tetapi bukan berarti ebook tidak memiliki kekurangan, kekuragan yang dimiliki ebook antara lain:

  • Membutuhkan Peralatan, Untuk membuka atau membaca ebook diperlukan peralatan seerti komputer, laptop, ipad, smarthphone dan lain lain. Hal seperti ini yang menjadi penghambat perkembangan ebook,terutama bagi negara negara dengan tingkat pendapatan penduduk yang randah. Sehingga tidak semua orang memiliki peralatan untuk membaca Ebook.
  • Membutuhkan Energi, Untuk membuka ebook kita perlu menyalakan peralatan yang menggunakan enrgi listrik. Tidak seperti buku yang sama sekali tidak membutuhkan energi kecuali untuk membalik halaman halamannya.
Demikian kesimpulan saya tentang ebook, bagaimanapun juga keputusannya ada di tangan anda. Tapi perubahan itu perlu di lakukan untuk sesuatu lebih baik walaupun perubahan itu sulit untuk dilakukan.(yupa)
Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment